Penelitian

THE COST OF CONFLICT IN OIL PALM IN INDONESIA

“Akumulasi biaya akibat konflik sosial sangat signifikan, namun diabaikan. Padahal berpotensi menghambat produktivitas perusahaan dan dapat merugikan komunitas dan pemerintah daerah.” 

Temuan penelitian yang dilakukan untuk Conflict Resolution Unit (CRU) menunjukkan bahwa konflik sosial sangat merugikan perusahaan kelapa sawit.

“Akumulasi biaya akibat konflik sosial sangat siginifikan, namun diabaikan. Padahal berpotensi menghambat produktivitas perusahaan dan dapat merugikan komunitas dan pemerintah daerah.” Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya yang ditimbulkan akibat konflik sosial di sektor kelapa sawit.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kerugian berwujud yang langsung dialami bisnis kelapa sawit akibat dari konflik sosial dapat mencapai 2.500.000 dolar AS. Kerugian biaya terbesar disebabkan hilangnya pendapatan operasional perkebunan dan waktu kerja para karyawan yang dialokasikan untuk menanggulangi konflik sosial tersebut.

Juga ada temuan bahwa kerugian biaya “tersembunyi” (intangible) mencapai 9.000.000 dolar AS berupa kerugian tidak langsung akibat risiko konflik yang berulang atau konflik yang memburuk, kerugian akibat memburuknya reputasi bisnis dan risiko kekerasan terhadap harta benda dan manusia.

Kesimpulan umum seputar konflik sosial sektor kelapa sawit mencakup terkurasnya sumber daya; tanah (dan mata pencaharian) adalah penyebab utama konflik sosial sektor kelapa sawit; sengketa cenderung tidak dimulai dengan kekerasan; konflik sering terulang; dan konflik cenderung terjadi pada fase produksi. 

Beberapa rekomendasi penting penelitian ini antara lain, perusahaan-perusahaan kelapa sawit perlu memperbaiki kebijakan dan prosedur manajerial terkait konflik; perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penyebab, perkembangan, dan implikasi konflik sosial; serta perlunya dikembangkan praktik-praktik terbaik pencegahan, penanganan dan penyelesaian konflik. 

Penelitian “The Cost of Conflict in Palm Oil in Indonesia” dilaksanakan oleh Daemeter Consulting untuk Conflict Resolution Unit (CRU) IBCSD.

Unduh di sini



Executive summary


Report


Infographic


Press release



Share This

  • conflict resolution unit
  • conflict resolution unit
  • conflict resolution unit