Belajar Bersama untuk Penanganan Konflik yang Efektif di Samarinda

24 November 2017

Hampir semua kegiatan berbasis sektor lahan dan pemanfaatan sumber daya alam beroperasi di wilayah Kalimantan Timur. Hal ini menempatkan wilayah Kalimantan Timur sebagai salah satu daerah dengan kekayaan pengetahuan terkait pengelolaan lahan dan sumber daya alam yang relatif lengkap.

Bersama Mencari Penanganan Konflik Lahan yang Efektif

22 November 2017

Setiap masalah pasti ada solusinya. Semua bisa diawali dengan membangun pandangan bahwa setiap masalah datang dengan solusinya. Demikian salah satu buah refleksi dari peserta Serial Lokakarya Bisnis Berkelanjutan: Pengembangan Strategi Perusahaan dalam Penanganan Konflik Secara Efektif pada Sektor Berbasis Lahan di Indonesia.

Merubah Cara Pandang dalam Bernegosiasi

03 November 2017

Menjadi suatu pengetahuan umum bahwa sumber daya manusia menjadi unsur utama dalam keberhasilan suatu organisasi baik dalam bentuk perusahaan maupun komunitas masyarakat. Dalam hal pengelolaan konflik, kapasitas individual khususnya pimpinan menjadi memainkan peran penting terutama dalam membangun kondisi yang kondusif bagi penyelesaian konflik

Melatih Paralegal: Upaya Menjangkau Keterbatasan Akses Hukum

29 September 2017

Perannya sangat strategis mengingat belum meratanya tingkat kesadaran masyarakat atas konflik yang terjadi maupun potensi terjadinya konflik. Paralegal menyediakan bantuan hukum, dukungan dan layanan hukum bagi masyarakat untuk menjawab kendala keterbatasan akses hukum dan keadilan bagi masyarakat.

Memperkuat Kapasitas Asesor Pemetaan Konflik dalam Kawasan Hutan

28 September 2017

Sebagai salah satu pihak yang berperan dalam proses penanganan konflik, seorang asesor juga disyaratkan memiliki kompetensi yang memadai untuk melakukan tugasnya dalam mengumpulkan dan selanjutnya menganalisis fakta, data maupun informasi dari suatu kasus tertentu.

Mengkaji pembelajaran dari praktik mediasi konflik sumber daya alam terbaik di Indonesia dan negara lain.

19 September 2017

Mediasi merupakan proses yang kompleks dan berlapis. Namun seperti sebuah proses penyelesaian masalah, proses mediasi dapat disederhanakan melalui identifikasi proses termasuk didalamnya pemilahan aktor yang terlibat.

Diskusi Grup: Perspektif Perempuan Kasepuhan Karang dalam Konflik Sumber Daya Alam

06 September 2017

Perempuan memiliki kedekatan khusus dalam mengelola sumber daya alam disekitarnya, walaupun terkadang belum secara utuh dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.

Pelatihan Dokumentasi Mediasi

31 July 2017

Sebagai bagian dari upaya mengumpulkan praktek-praktek terbaik proses mediasi di Indonesia, Conflict Resolution Unit (CRU) bermitra dengan GiZ-FORCLIME dalam prakarsa Proyek Pengkajian dan Dokumentasi Mediasi. Sebagai langkah awal, prakarsa ini memfasilitasi diselenggarakannya Pelatihan Dokumentasi Mediasi bagi tim Desk Resolusi Konflik (DRK) Kapuas Hulu.

Diskusi bersama: Refleksi pelatihan sertifikasi mediator

24 July 2017

Menutup kegiatan pelatihan sertifikasi mediator yang berlangsung pada tanggal 17 – 22 Juli 2017, Conflict Resolution Unit (CRU) mengundang para peserta Pelatihan Mediator untuk merefleksikan pengalamannya masing-masing di diskusi sehari Refleksi Pelatihan Sertifikasi Mediator.

Pelatihan Mediasi Sertifikasi Mediator dengan Perspektif Gender

23 July 2017

Mediasi sebagai bagian dari transformasi konflik sumber daya alam dan lahan hanya bisa menjadi solusi jangka panjang jika diterima oleh semua pihak, termasuk juga oleh kaum perempuan. Untuk memastikan keterlibatan perempuan dan berjalannya proses mediasi yang inklusif, Conflict Resolution Unit (CRU) memfasilitasi pelatihan sertifikasi mediator dengan perspektif gender.

Perspektif Gender dalam Kebijakan terkait Mediasi sebagai Penyelesaian Konflik Tanah dan Kekayaan Alam di Indonesia

10 June 2017

Dalam kebijakan penyelesaian konflik lahan dan sumber daya alam, bagaimanakah kedudukan perempuan sebagai suatu entitas yang berdiri sendiri? Sebagai bagian dari solusi atau subjek terdampak dari konflik.

Menyelesaikan Konflik Dengan Memahami Sumbernya

03 May 2017

Sebanyak tiga puluh karyawan Yayasan Puter dan staf PT Rimba Makmur Utama (PT RMU) yang bergerak di bidang restorasi ekosistem di Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti pelatihan resolusi konflik 6 – 8 Februari 2017 di Sampit, Kotawaringin Timur. “Dengan pelatihan ini saya belajar lebih memahami berbagai kebutuhan termasuk mengenali karakter masyarakat untuk penyelesaian konflik,” ungkap Rahmadinor dari Yayasan Puter.

Pelibatan Masyarakat dalam Penanganan Konflik Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan

21 April 2017

Pelatihan paralegal penanganan konflik bidang lingkungan hidup dan kehutanan telah diselenggarakan pada tanggal 21 - 24 Mei 20117 di D'Max Hotel and Convention, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Anggota TAC Menyambut Baik Berdirinya CRU

11 April 2017

Anggota Technical Advisory Committee (TAC) menyambut baik berdirinya Conflict Resolution Unit (CRU) dan menyampaikan opini serta harapan mereka.

Environmental Damage, Social Conflicts Overshadow Future of Indonesia's Palm Oil Sector

22 March 2017

Palm oil is an important commodity for Indonesia's economy, contributing $17.8 billion, or about 12 percent, to its export revenue. While this year the production of crude palm oil is likely to increase 16 percent, to up to 33 million tons, with expected conducive weather conditions, environmental issues and social conflicts continue to overshadow the sector's future in the world's biggest palm-oil producing country.

Perspektif Gender dalam Penyelesaian Konflik Lahan dan SDA

18 March 2017

Penanganan konflik lahan dan sumber daya alam yang terjadi di Indonesia akan lebih berhasil dan tuntas jika melibatkan perspektif gender, demikian rangkuman hasil diskusi yang diselenggarakan oleh Conflict Resolution Unit - Indonesia Business Council for Sustainable Development (CRU - IBCSD) di Aston Suites Kuningan, Selasa (17-3-2017).

Perspektif gender dalam penyelesaian konflik sumber daya alam dan lahan

15 March 2017

Rekaman grafis diskusi perspektif gender dalam penyelesaian konflik sumber daya alam dan lahan, 14 Maret 2017.

Mediasi Menjadi Solusi Efektif Mencegah Konflik Lahan

14 March 2017

Sengketa atau konflik lahan khususnya di wilayah perkebunan di Indonesia adalah yang paling tinggi di dunia dan dalam banyak kasus tidak ada penyelesaian yang efektif. Bahkan, berdasarkan hasil penelitian Daemeter Consulting untuk Conflict Resolution Unit (CRU) Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) biaya yang terakumulasi akibat konflik sosial sangat signifikan dan berpotensi menghambat produktivitas perusahaan.

Konflik Lahan Perkebunan Indonesia Paling Tinggi

11 March 2017

Sengketa atau konflik lahan khususnya di wilayah perkebunan di Indonesia adalah yang paling tinggi di dunia dan dalam banyak kasus tidak ada penyelesaian yang efektif. Hal tersebut dikatakan oleh Navitri Putri Guillaume, Program Director Conflict Resolution Unit (CRU), lembaga yang baru dibentuk tahun lalu dan diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk meneliti masalah ini.

KPKSDA 11: Diskusi pada Sistem Pengaduan dan Fasilitas Penyelesaian Sengketa RSPO

17 February 2017

CRU bersama RSPO mengadakan pertemuan Komunitas Penyelesaian Konflik Sumber Daya Alam (KPKSDA) ke -11 pada hari Kamis, 16 Februari 2017 di Jakarta. Pertemuan KPKSDA merupakan pertemuan rutin untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam hal penyelesaian konflik sumber daya alam dan lahan.

Share This

  • conflict resolution unit
  • conflict resolution unit
  • conflict resolution unit