Pelatihan Penerimaan Sosial: Membangun Kepercayaan dan Dukungan Masyarakat

Pelatihan ini dirancang untuk membantu staf perusahaan memahami konsep penerimaan sosial dan strategi untuk membangun serta menjaga hubungan positif dengan masyarakat dan pemerintah daerah. Penerimaan sosial bukan hanya tentang keberadaan perusahaan di suatu wilayah, melainkan mencakup penerimaan yang tulus dari berbagai pemangku kepentingan terhadap keberlanjutan bisnis tersebut yang tumbuh dari manfaat nyata kehadiran perusahaan di wilayah kerjanya.

Dalam pelatihan ini, peserta akan mendapatkan wawasan tentang dasar-dasar penerimaan sosial dan kaitannya dengan praktik bisnis berkelanjutan. Selain itu, pelatihan ini menawarkan panduan lengkap tentang cara-cara yang efektif untuk membangun hubungan yang positif dan dipercaya dengan masyarakat dan pemerintah daerah. Mulai dari pengenalan FPIC (free prior informed consent), social impact assessment, hingga pemetaan pemangku kepentingan (stakeholder mapping) dan program CSR yang bermakna, yang dapat menjadi rujukan solusi praktis yang dapat diterapkan langsung di lapangan.

Peserta yang mengikuti pelatihan akan memperoleh pemahaman yang manfaat penerimaan sosial terkait bisnis yang berkelanjutan. Mereka juga akan mendapatkan contoh nyata strategi yang efektif dalam menjalin engagement yang positif dan tidak sekadar “greenwashing.” Dengan pelatihan intensif selama tiga hari, para peserta akan siap mengimplementasikan teknik-teknik yang membangun penerimaan sosial yang sejati, menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan komunitas yang dilayaninya.

Layanan

(Nama pelatihan)

Tujuan Materi/Pokok Bahasan

(Apa yang akan dipelajari)

Manfaat

(Apa yang akan didapat)

Durasi
Pelatihan Penerimaan Sosial.  

Memberikan pemahaman tentang konsep penerimaan sosial bagi perusahaan serta bagaimana membangun dan memelihara tingkat penerimaan sosial di masyarakat dan pemerintah daerah

  • Pengenalan konsep penerimaan sosial sebagai bagian integral praktik bisnis yang berkelanjutan.
  • Strategi membangun bisnis yang diterima oleh masyarakat dan pemerintah daerah.
  • Alat-alat/praktikal solutions untuk mengukur tingkat penerimaan sosial: FPIC, social impact assessment, stakeholder mapping etc, CSR yang bermakna
  • Peserta dapat menjelaskan manfaat penerimaan sosial yang terkait bisnis berkelanjutan.
  • Peserta mendapatkan contoh implementasi strategi engagement yang mampu membangun penerimaan sosial yang tinggi.
  • Peserta mendapatkan wawasan tentang teknik-teknik untuk membangun penerimaan sosial yang bukan “greenwashing”.
3 hari